5 Jenis Aset Lancar yang Penting untuk Kamu Punya

  • Whatsapp

Kondisi ekonomi yang masih loyo belum bisa kita prediksi kapan akan benar-benar pulih. Untuk berjaga-jaga, Kamu bisa memulainya dengan dengan mengecek aset lancar yang dimiliki. Cara ini sekaligus bisa jadi ajang kalkulasi nilai aset yang kamu punya. Seenggaknya, kamu jadi tahu apa aja aset yang bisa kamu gunakan dalam waktu dekat kalau dibutuhkan.

Read More

Pengertian aset lancar

Aset lancar atau dalam dunia ekonomi disebut aktiva lancar merupakan jenis investasi yang dimiliki dan bisa dicairkan dalam bentuk uang. Pencairan ini pun ada jangka waktunya, yakni nggak lebih dari 1 tahun. Kalau dalam sebuah perusahaan, aset lancar menjadi komponen penting untuk melakukan aktivitas perusahaan karena biaya operasional perusahaan berasal dari aset lancar.

Sementara aset tidak lancar merupakan kekayaan yang nggak bisa diukur atau nggak dapat dilihat. Sifatnya pun lebih tahan lama atau jangka waktunya lebih dari 1 tahun. Aset tidak lancar juga tidak dapat diuangkan dalam bentuk tunai.

Manfaat aset lancar

Aset lancar bisa dicairkan dalam bentuk uang jika sewaktu-waktu dibutuhkan. Itulah kenapa, dalam masa yang nggak menentu seperti sekarang, kita perlu mengecek kembali aset lancar apa yang dimiliki. Sementara untuk sebuah perusahaan, aset lancar sangat penting dan bermanfaat karena bisa digunakan untuk membayar gaji karyawan, utang, sewa gedung atau membeli bahan baku yang dibutuhkan.

Ciri-ciri aset lancar

Mudah diperjualbelikan. Karena aset lancar bersifat dinamis untuk memenuhi keperluan rutin, aset lancar mudah untuk diperjualbelikan dalam kurun waktu yang sangat cepat.

Pencairan yang relatif singkat. Nggak ketinggalan, karena aset lancar bisa memenuhi kebutuhan mendadak, sebaiknya aset tersebut memiliki tingak likuiditas yang baik, dapat dicairkan sebagai uang tunai dalam jangka waktu yang singkat.

Biasanya berbentuk uang tunai. Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, aset lancar nantinya akan diperjualbelikan dan bermanfaat untuk kebutuhan mendadak, jadi akan lebih baik jika berbentuk tunai, atau mudah ditunaikan dan dapat diukur dan dapat dilihat.

Jenis aset lancar

1. Uang tunai.

Uang yang ada dalam dompet atau celenganmu sekarang adalah aset lancar yang paling bisa digunakan secara langsung untuk memenuhi kehidupan sehari-hari. Berbeda dengan uang yang disimpan dalam rekening giro yang pencairannya harus menunggu tanggal tertentu.

2. Tabungan.

Uang yang berada dalam tabungan di bank pun termasuk dalam aset lancar atau biasa disebut aset setara kas. Tak hanya dalam tabungan saja, uang yang masih tersisa di e-wallet atau e-money kamu juga bisa disebut aset lancar, lho! Karena pencairannya nggak butuh waktu lama dan siap untuk digunakan dalam waktu mendesak.

3. Reksa dana pasar uang.

Jenis reksadana pasar uang disebut aset lancar karena dana investasi ditempatkan pada instrumen pasar uang seperti obligasi yang jatuh temponya kurang dari satu tahun. Jadi, reksa dana pasar uang juga memiliki cara pencairan yang cepat dan bisa masuk dalam kategori aset lancar kamu.

4. Logam mulia.

Kalau kamu punya logam mulia atau emas saat ini, itu juga bisa disebut aset lancar. Emas yang bersertifikat bisa langsung dijual atau digadai dengan cepat dan dijadikan uang tunai atau fresh cash.

5. Gaji.

Kalau saat ini kamu masih kerja dan menerima gaji, ini pun disebut aset lancar. Soalnya, penghasilanmu akan terus ada untuk memenuhi kebutuhan hidup ke depannya. Termasuk ketika kamu dapat THR dan bonus-bonus lainnya dari pekerjaan yang terjadwal dengan pasti, itu juga dikategorikan aset lancer yang dapat kamu gunakan untuk berinvestasi di platform p2p lending paling aman.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *